jump to navigation

Mobil Obama Seperti Mobil James Bond January 21, 2009

Posted by paspitu in Jagongan.
trackback

151991232361-beast-cadillac_obama1

Washington | SURYA Online-Pada 20 Januari nanti, pelantikan presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Barack Obama akan digelar. Segala persiapan terus dilakukan. Tak ketinggalan pula persiapan kendaraan yang akan dipakai Obama saat acara pelantikan, yang sekaligus menjadi kendaraan kenegaraannya selama jadi presiden nanti.

The Beast atau Si Buruk, demikian julukan yang diberikan untuk kendaraan jenis limosin merek Cadillac yang akan ditumpangi Obama. Agen rahasia AS, CIA, secara resmi merilis foto The Beast kepada khalayak umum, Kamis (15/1). Dan The Beast akan memulai debut perjalanannya pada Selasa (20/1) mendatang, saat parade pelantikan Obama.

Model The Beast berbeda dari model mobil kepresidenan lainnya. Pihak General Motors (induk usaha Cadillac) memang secara khusus mendesainnya. Bahkan nama The Beast merupakan satu-satunya julukan yang diberikan secara resmi untuk mobil kepresidenan Amerika. Sebelumnya tidak ada sama sekali.
Seperti yang diperkirakan sebelumnya, pihak agen rahasia tidak memberikan detil khusus mengenai spesifikasi The Beast.

“Komponen keamanan yang ada dalam kendaraan memang tidak untuk didiskusikan, namun mobil ini benar-benar aman. Sistem kode komunikasi yang ada memakai teknologi terbaru, sehingga membuatnya menjadi kendaraan paling aman di dunia,” jelas Nicholas Trotta, Assisten Director Untuk Operasi Keamanan Kepresidenan dalam keterangan persnya, Kamis (15/1).

Obama akan menggunakan mobil ini untuk pertama kalinya guna melakukan perjalanan sepanjang Pennsylvania Avenue di Washington setelah upacara pelatikannya. Presiden baru Amerika ini akan terlindung dan aman di dalam kendaraannya berkat modifikasi besar-besaran yang dilakukan pada The Beast. Pendek kata, modifikasi fisikal dan peningkatan kecanggihannya menjadikan The Beast sebagai mobil yang secara teknologi mirip mobilnya James Bond.

Dalam film detektif James Bond, selalu ditampilkan mobil-mobil si agen rahasia itu sangat canggih, dengan teknologi yang terbayangkan sebelumnya.

Pada Beast, ada pintu lapis baja setebal delapan inci, yang sama dengan pintu kabin di pesawat Boeing 757. Ada pula kantong persediaan oksigen dan sistem antikebakaran di dalamnya.
Untuk mempertahankan diri, kendaraan dilengkapi senjata kecil otomatis, kamera yang bisa melihat di kegelapan dan gas air mata. Persediaan darah bagi Presiden juga diletakkan di dashboard mobil, bila sewaktu-waktu ia membutuhkan pengobatan darurat.
Tangki bahan bakarnya juga lapis baja, diisi dengan sabun khusus yang didesain untuk mencegah terjadinya ledakan akibat bahan bakar kendaraan.

Badan mobil terbuat dari kombinasi baja keras, aluminium, titanium dan keramik yang untuk melindungi mobil dari proyektil peluru. Jok mobilnya diyakini bisa menahan granat kecil yang dilemparkan ke dalamnya. Ban mobil dibuat sedatar mungkin, sehingga tak masalah bila ban terkena tembakan. Rem khusus juga dipasang agar kendaraan tetap bisa berjalan merkipun bannya hilang.

Meskipun interior mobil tersebut tidak diungkapkan secara detil, tidak ada keraguan lagi bila The Beast merupakan mobil terbaik dan memiliki perlengkapan paling baru.
David Caldwell, juru bicara General Motors yang merupakan produsen Cadillac, mengatakan bahwa mobil tersebut dibuat dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh pemerintah Amerika.

“Satu spesifikasi yang tidak bisa kami ungkapkan adalah ya..spesifikasinya itu sendiri,” ujar Cladwell.
Namun Caldwell membenarkan bila mobil tersebut tetap mempertahankan bentuk asli Cadillac, termasuk dia ntaranya interior yang dibuat dengan tangan. Saat disinggung apakah mobil tersebut ditambahi tempat untuk menaruh iPod, Caldwell menolak memberikan komentarnya. Toh, ia buru-buru menambahkan bila limo tersebut dilengkapi dengan peralatan elektronik yang canggih dan lengkap. bbc/afp/whc/tis

sumber:

http://www.surya.co.id/2009/01/16/mobil-obama-seperti-mobil-james-bond/

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: