jump to navigation

Politik Indonesia March 14, 2009

Posted by paspitu in Jagongan.
trackback

presiden-soekarno

Politik Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Indonesia

adalah sebuah negara republik berdasarkan UUD 1945 dengan ciri-ciri pemisahan peranan lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Sistem pemerintahan Indonesia sering disebut sebagai “sistem pemerintahan presidensial dengan sifat parlementer”. Setelah Kerusuhan Mei 1998 yang berujung pada lengsernya Presiden Soeharto, reformasi besar-besaran segera dilakukan di bidang politik.

Proses reformasi

Proses reformasi dalam kancah politik Indonesia telah berjalan sejak 1999 dan telah menghasilkan banyak perubahan penting. Di antaranya adalah pengurangan masa jabatan menjadi 2 kali masa bakti dengan masing-masing masa bakti selama 5 tahun untuk presiden dan wakil presiden, serta dilaksanakannya langkah-langkah untuk memeriksa institusi bermasalah dan keuangan negara. Lembaga negara tertinggi adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), yang fungsinya meliputi: memilih presiden dan wakil presiden (sejak 2004 presiden dipilih langsung oleh rakyat), menciptakan Garis Besar Haluan Negara (GBHN), dan mengesahkan undang-undang. MPR beranggotakan 695 orang yang meliputi seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang beranggotakan 550 orang ditambah 130 orang dari perwakilan daerah yang dipilih dari masing-masing DPRD tiap-tiap provinsi serta 65 anggota yang ditunjuk dari berbagai golongan profesi. DPR, yang merupakan institusi legislatif, mencakup 462 anggota yang terpilih melalui sistem perwakilan distrik maupun proporsional (campuran). Sebelum pemilu 2004, TNI dan Polri memiliki perwakilan di DPR dan perwakilannya di MPR akan berakhir pada tahun 2009. Perwakilan kelompok golongan di MPR telah ditiadakan pada 2004. Dominasi militer di dalam pemerintahan daerah perlahan-lahan menghilang setelah peraturan yang baru melarang anggota militer yang masih aktif untuk memasuki dunia politik.

Lihat pula

Hubungan luar negeri Indonesia

Daftar partai politik Indonesia

Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Politik_Indonesia

Comments»

1. endhendri - July 2, 2009

sistem pemerintahan di indonesia di lihat sisi positif dilih langsung oleh rakyat sehingga yang di pilih harus betul menjalankan amanaha

2. Soekarno - November 15, 2009

wah, seneng nih bisa ketemu sesama Soekarnois.
Yok Mampir ke warungku:
http://penasoekarno.wordpress.com
Aku ada koleksi foto soekarno buat kamu.

Salam Revolusi

paspitu - November 16, 2009

To: Soekarno
Kita Blogroll aj bung, gmn?..OK2.

3. khurul anam - January 19, 2010

bgaimana pun q tetep mengenang soekarno

nyoto - January 19, 2010

seeep! pesen bung Karno: …”JASMERAH”…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: